Tanpa Ampun, Langgar Batas Kecepatan di Tol Auto Ditilang

Zilelev.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menentukan batas kecepatan kendaraan beroda empat di ruas jalan tol Ibu Kota Jakarta. Hal itu tergantung rambu batas kecepatan yang ada di jalan tol.

Apabila di jalan tol terdapat rambu batas kecepatan hanya hingga 100 km per jam, karenanya kendaraan di atas kecepatan bakal otomatis ditilang kamera Digital Site visitors Regulation Enforcement atau ETLE.

Hal ini diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo.

Petugas memantau kamera pengawas tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) melalui layar monitor di Gedung National Traffic Managemen Center (NTMC) Polri, Jakarta, Selasa (23/3/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Petugas memantau kamera pengawas tilang elektronik atau Digital Site visitors Regulation Enforcement (ETLE) melalui layar monitor di Gedung Nationwide Site visitors Managemen Heart (NTMC) Polri, Jakarta, Selasa (23/3/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

“Kebijakan ini berlaku 24 jam,” paparnya di Markas Polda Metro Jaya, Selasa (29/3/2022).

Baca Pun:
Honda CR-V PHEV Mempersiapkan Diperkenalkan Akhir Tahun

Kebijakan ini berlaku di lima ruas jalan tol:

  1. Tol Jakarta-Cikampek bagian bawah
  2. Tol Japek MBZ
  3. Tol Soediyatmo arah bandar udara Soekarno Hatta
  4. Tol Dalam Kota
  5. Tol Kunciran-Cengkareng.

Bukan hanya soal kebijakan batas kecepatan dalam tol, Polisi pun menggunakan kebijakan batas muatan yang bakal ditilang melalui ETLE.

Kebijakan ini hanya berlaku pada ruas jalan tol yaitu Tol JORR serta Tol Jakarta Tangerang.

“Overload ini sistemnya alatnya telah diterapkan oleh Badan Meterologi (BMKG) telah ada sertifikatnya. Dengan menggunakan sensor di jalan diindikasikan melanggar batas muatan,” imbuh Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Korps Lalu Lintas Polri berkolaborasi dengan Jasa Marga, kelak menggunakan pengawasan lalu lintas berbasis Digital Site visitors Regulation Enforcement atau ETLE di jalan tol.

Baca Pun:
Penjualan kendaraan beroda empat Listrik Hyundai-Kia di Amerika Serikat Tembus 500 Ribu Unit, Didorong IONIQ 5

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa kerja sama Korlantas Polri serta Jasa Marga ini yakni sebuah temuan baru, dalam penegakan hukum berbasis ETLE khususnya di jalan tol. Kamera bakal memantau pelanggaran overload serta batas kecepatan.

Baca juga:  RRQ Hoshi Menang Tanpa Balas Atas Geek Fam

“dikala ini telah ada di tujuh spot bagi WIM (Weight in Movement), kemudian ada lima spot speedcam. segala nanti bakal terkoneksi dengan ETLE Presisi yang ada di Korlantas. Menjadi, kita mulai sosialisasikan,” kata Brigjen Pol Aan Suhanan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.